Geometry
problem adalah permasalahan yang berhubungan dengan titik , garis dan bidang
geometri lainnya yang akan diterjemahkan dalam bentuk komputasi.
Ada
2 masalah klasik dalam geometry problem yaitu:
1. Convex hull : pencarian poligon
cembung terkecil, melibatkan semua titik yang
ditentukan
Dalam pembuatan poligon terdapat dua bagian yang memisahkan bidang yaitu derah kanan dan daerah kiri yang dilihat dari garis orientasinya dalam bentuk sumbu kooordinat.
Maka poligon diatas bisa digunakan untuk menentukan aksi awal yaitu titik yang berada paling luar pertama. Mencari titik pertama yaitu memilih titik yang memiliki nilai komponen koordinat (horizontal atau vertikal) atau kemiringan yang tinggi (minimum atau maksimum). maka penentuan titik convex hull lainnya ditentukan berdasarkan darititik pertama.
- memilih titik pertama
- memilih titik berikutnya, berdasarkan yang pertama.
- jika dibuat garis dengan titik sebelumnya maka seluruh titik lainnya tidak ada yang berada di sebelah kiri.
- jika titik tersebut sesuai maka masukkan kedalam daftar titik luar.
2. Problem closest pair : pemberian titik di suatu bidang, dan cari pasangan terdekatnya
Cara untuk memecahkan masalah ini
adalah membandingkan semua titik-titiknya untuk dicari jaraknya. Untuk
menentukan jarak antar titik digunakan persamaan berikut.
x dan y merupakan koordinat titik
yang diperbandingkan. Algoritma bisa menggunakan brute force, dengan cara kerja
terus mencoba semua titik sampai mendapatkan nilai d yang terkecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar